WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Israel Langgar Hak-Hak Tahanan Palestina Selama Ramadhan

Israel Langgar Hak-Hak Tahanan Palestina Selama Ramadhan

Potret tahanan Palestina di dalam penjara Israel/Albawaba News

Bulan Ramadhan yang dinantikan umat Islam seharusnya menjadi saat yang dapat dimanfaatkan untuk mendulang pahala ibadah. Namun di dalam penjara Israel, tahanan Palestina tidak dapat mendapatkan haknya untuk beribadah.

Palestineupdate.comDatangnya bulan suci Ramadhan rupanya tidak menghentikan kejahatan yang dilakukan oleh Israel. Pelanggaran hak tidak hanya dirasakan oleh penduduk sipil Palestina, tetapi warga Palestina yang ditahan pun tidak mendapatkan hak-hak yang semestinya. Bagaimana situasi ini dapat terjadi? Simak informasi lengkap berita terkini Palestina, hanya di laman Palestine Update, yang menyajikan kabar Palestina hari ini terpercaya.

Ramadhan Tanpa Keluarga

Warga Palestina berduka atas kematian Nour Al-Barghouti yang meninggal di penjara Israel beberapa waktu lalu, saat pemakamannya di desanya di Aboud, sebelah barat Ramallah./Arab News

Santap sahur dan berbuka puasa, serta sederet aktivitas khas Ramadhan lainnya yang biasa dilewati bersama keluarga tercinta kini hanya tinggal kenangan nostalgia bagi sekitar 7.000 tahanan Palestina. Seperti yang dialami oleh seorang tahanan warga Palestina, Ibrahim Al-Shaer, yang telah melewatkan Ramadhan tanpa orang tua, istri dan keluarga lainnya selama 6 tahun lamanya.

“Saya tidak akan pernah melupakan hari pertama Ramadhan di penjara, saya dibayangi oleh kenangan-kenangan saat masih merasakan kebebasan. Saya ingin menangis tetapi saya menahan diri, karena saya malu dengan teman satu sel saya. Tetapi mereka memahami perasaan saya dan berkumpul di sekitar saya, dan kehadiran mereka di sisi saya membantu saya mengatasi perasaan itu.” katanya.

Tentu dapat kita bayangkan betapa momentum kebahagian Ramadhan yang seharusnya dapat dirasakan oleh seluruh umat Muslim yang ada di dunia, justru terampas oleh kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Israel.

 

Israel Melarang Pelaksanaan Ibadah di Dalam Sel

Ilustrasi saat para tahanan Palestina melaksanakan shalat di dalam penjara/China

Para warga Palestina yang ditahan pun tetap berusaha untuk menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan menggelar shalat tarawih di dalam sel mereka masing-masing. Namun, lagi-lagi Israel tidak mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih di dalam sel penjara, dan kerap kali merampas barang-barang yang dimiliki oleh para tahanan Palestina.

Al-Shaer juga mengungkapkan jika dirinya bersama rekan-rekan lainnya menyambut Ramadhan dengan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa sebelum shalat Ashar dimulai. Hal ini disebabkan mereka hanya memiliki satu kompor di dalam sel dan hanya tersedia beberapa barang saja yang dapat digunakan.

Warga Palestina dan juga mantan tahanan di penjara Israel ikut mengungkapkan ceritanya bahwa kondisi yang begitu keras di dalam tahanan dan tidak adanya dukungan medis yang memadai membuat penderitaan para tahanan semakin bertambah selama Ramadhan tiba. Ditambah dengan perlakuan dari petugas penjara yang kerap kali melakukan inspeksi sel mendadak pada malam hari, dan memberikan makanan yang tidak pantas kepada tahanan Palestina.

Juru bicara media untuk Pusat Studi Tahanan Palestina, Riyad Al-Ashqar mengatakan bahwa setiap narapidana berharap dapat melaksanakan ibadah dengan baik selama Ramadhan berlangsung, tetapi keinginan itu telah dihancurkan oleh kebijakan yang berlaku di penjara Israel, yang justru malah menyediakan makanan yang berkualitas rendah selama bulan Ramadhan. Al-Ashqar juga menambahkan bahwa otoritas Israel meningkatkan frekuensi siding selama bulan suci Ramadhan, yang menyebabkan para tahanan mengalami keletihan karena harus menempuh perjalanan jauh untuk menghadiri rangkaian sidang. Israel juga membatasi pembelian barang-barang khas Ramadhan seperti kurma, minyak zaitun dan bahan-bahan lainnya yang lazim digunakan sebagai manisan tutup Al-Ashqar. (itari/palestineupdate)

Sumber: Arab News

About admin

Check Also

PU - Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan (2) www.palestineupdate.com

Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan!

3 tokoh besar pejuang Palestina yang menyampaikan semangat perjuangan melalui kutipan yang terkenang hingga sekarang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *