WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Keindahan di Balik ‘Jeruji Besi’ Jalur Gaza

Keindahan di Balik ‘Jeruji Besi’ Jalur Gaza

Sebagian besar informasi mengenai Gaza hanyalah mengenai penderitaan dan perjuangan mereka dalam menghadapi pemblokadean, tanpa tahu bahwa Gaza juga memiliki banyak keindahan.

Palestineupdate.com – Apa yang orang ingat ketika mendengar nama Jalur Gaza? Wilayah pemblokadean atau penjara terbuka terbesar di dunia? Kurang lebih seperti itu, dan hanya cerita-cerita sedih lain yang lebih banyak diketahui orang. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa Gaza memiliki banyak keindahan di balik tembok derita itu? Apa saja? Simak kabar Palestina hari ini, ya!

Sejak tahun 2007, Jalur Gaza yang dipimpin Hamas diblokade oleh penjajah Israel. Bak penjara, warga dan segala roda kehidupan di Gaza dihambat dari segala lini. Dampaknya, krisis kehidupan semakin memburuk dan Gaza mendekati ambang kehancuran.

berita palestina - pantai di Jalur Gaza (0) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Gadis cilik Gaza memandangi reruntuhan bangunan akibat serangan Israel.(Sumber. Fair)

 

 

 

 

 

 

 

Yang lebih buruk, warga yang sudah tidak tahan dengan kezaliman Israel, mencoba menyuarakan protes; menuntut dicabutnya blokade serta dikembalikannya hak warga yang terusir. Maka dimulailah perjuangan berdarah itu, Aksi Kepulangan Akbar, pada 30 Maret 2018.

Menuntut secara damai, tak lantas mendapatkan balasan yang sama. Timah panas dan gas air mata menjadi jawaban Israel, atas protes damai mereka. Ratusan orang meninggal dunia, ribuan lebih terluka.

Akan tetapi, di balik semua penderitaan dan perjuangan, Gaza memiliki keindahan tersembunyi di balik tingginya dinding pemblokadean. Apa saja itu?

 

  1. Pantai
Keterangan foto: Pantai di Jalur Gaza. (Sumber. TRT World)

“Jika kami tidak memiliki laut di Gaza, saya benar-benar tidak tahu bagaimana kami bisa bertahan,” ungkap Yousef Basam, seorang penduduk Gaza.

Di luar garis pantai Gaza yang menakjubkan, bagaimanapun tetaplah sebuah kenyataan yang pahit bahwa Gaza mengalami krisis kemanusiaan yang akut. Meski begitu, dengan segala kepahitan yang dirasa, pantai Gaza masih memiliki harapan untuk kondisi yang lebih baik.

 

  1. Nelayan
Keterangan foto: Nelayan-nelayan Gaza. (Sumber. TRT World)

Laut merupakan sumber utama untuk bertahan di Gaza. Ratusan nelayan – sebagian besar pemuda dan paruh baya – bekerja setiap hari demi menyediakan produk-produk segar untuk warga.

 

  1. Grafiti
Keterangan foto: Grafiti yang ada di garis pantai Gaza. (Sumber. TRT World)

Seluruh garis pantai Gaza ditutupi oleh grafiti yang digambar oleh para seniman muda, yang berasal dari seluruh kota. Banyak karya yang menggambarkan tokoh-tokoh revolusioner serta slogan-slogan harapan dan perjuangan.

 

  1. Perjuangan Mencari Nafkah
Keterangan foto: Sejumlah warga bekerja di pabrik cokelat di Gaza. (Sumber. TRT World)

Terlepas dari pemblokadean Israel, warga di Gaza tetap berupaya menjaga keseimbangan. Salah satunya adalah dengan tetap berusaha mencari nafkah.

 

  1. Olahraga Berkuda
Keterangan foto: Seorang warga Gaza tengah berkuda. (Sumber. TRT World)

Banyak pemuda Gaza tertarik dengan berbagai jenis olahraga, termasuk berkuda. Klub berkuda di Gaza memiliki sejumlah program untuk anak-anak muda dan profesional.

 

  1. Kegiatan Belajar Agama (Islam)
Keterangan foto: warga Gaza tengah membaca Alquran di masjid. (Sumber. TRT World)

Walau Gaza diblokade, warga tidak kehilangan harapan dan tetap fokus mempelajari ilmu agama. Mereka terlihat memenuhi masjid untuk belajar dan beribadah.

Itulah sejumlah keindahan yang jarang orang tahu, mengenai Jalur Gaza. Tidak hanya itu, masih banyak keindahan lain, yang merupakan gambaran bahwa selalu ada hikmah dari Sang Pencipta, apa pun ujian yang menimpa hamba-Nya. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

PU - Boikot Israel www.palestineupdate.com

Misi Kemanusian Dalam Gerakan Boikot Israel

Fakta menarik seputar gerakan pemboikotan Israel. palestineupdate.com – Pemboikotan Israel merupakan salah satu gerakan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *