WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Edukasi Palestina / Misi Kemanusian Dalam Gerakan Boikot Israel

Misi Kemanusian Dalam Gerakan Boikot Israel

Fakta menarik seputar gerakan pemboikotan Israel.

palestineupdate.comPemboikotan Israel merupakan salah satu gerakan yang menjadi bagian dari kampanye global boikot, divestasi dan sanksi terhadap Israel. Penasaran dengan apa saja misi dari kampanye tersebut? Simak informasi selengkapnya hanya di Palestine Update, portal berita terkini Palestina.

 

Gerakan Boikot Israel Dalam Kampanye Global Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS)

Pelanggaran kemanusiaan yang terus dilakukan oleh Israel terhadap penduduk Palestina, menyulut lahirnya sebuah Kampanye Global Boikot , Divestasi dan Sanksi (BDS) terhadap Israel. Kampanye ini bertujuan untuk memperjuangkan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan penduduk Palestina.

Dalam pelaksanaannya, boikot menjadi gerakan yang masif dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat dunia. Hal ini terjadi karena boikot menghasilkan dampak yang signifikan dalam menentang dukungan internasional terhadap rezim apartheid Israel dan pendudukan pemukim ilegal.

Secara sederhana boikot dapat dipahami sebagai penolakan kerja sama. Selaras dengan misi kampanye BDS, pemboikotan Israel mencakup beberapa poin penting, yaitu menolak kerja sama terhadap:

1. Rezim apartheid Israel

2. Keterlibatan Israel dalam institusi olahraga serta institusi pendidikan dan kebudayaan

3. Seluruh perusahaan Israel dan perusahaan internasional yang berhubungan dalam pelanggaran hak asasi manusia Palestina.

 

Misi Mulia Untuk Memanusiakan Kembali Penduduk Palestina

Selama hampir tujuh puluh tahun, Israel telah menolak hak-hak dasar warga Palestina dan menolak untuk mematuhi hukum internasional. Keberanian Israel dalam bertindak tidak terlepas dari masih adanya dukungan internasional terhadap kebijakan mereka.

Sebagai bentuk solidaritas warga dunia terhadap pelanggaran kemanusian yang telah terjadi di Palestina, Kampanye BDS menjadi gerakan internasional yang memberikan tekanan tanpa kekerasan kepada Israel hingga Israel mematuhi hukum internasional dan memenuhi 3 tuntutan utama kampanye BDS. Adapun 3 tuntutan yang dimaksud adalah sebagai berikut

1. Mengakhiri pendudukan dan penjajahannya atas semua tanah Arab dan membongkar tembok pembatas

Menjadi wilayah pendudukan Israel, Zionis telah mencuri tanah Palestina dan memaksa orang-orang Palestina ke dalam blokade yang dikelilingi oleh pos pemeriksaan, permukiman ilegal dan menara pengawas, serta tembok pembatas. Israel telah mengubah Palestina menjadi penjara terbuka terbesar di dunia.

2. Mengakui hak-hak dasar warga Arab-Palestina di Israel atas kesetaraan penuh

Seperlima warga Israel adalah warga Palestina yang tetap berada di dalam garis gencatan senjata setelah tahun 1948. Mereka menjadi sasaran sistem diskriminasi rasial dan ini telah dibuktikan oleh lebih dari 50 undang-undang yang memengaruhi setiap aspek kehidupan mereka. Para pemimpin Israel secara rutin dan terbuka menghasut kekerasan rasial terhadap mereka.

3. Menghormati, melindungi dan mempromosikan hak-hak pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah dan properti mereka sebagaimana diatur dalam Resolusi PBB 194

Pembersihan etnis penduduk asli Palestina telah dilakukan Israel dalam mencapai tujuannya untuk menguasai sebanyak mungkin tanah dan mengusir sebanyak mungkin orang Palestina. Akibat dari pemindahan paksa sistematis ini, kini terdapat lebih dari 7,25 juta pengungsi Palestina. Hak mereka untuk kembali ke rumahnya masing-masing ditolak hanya karena mereka bukan Yahudi.

Kampanye BDS hingga kini masih tetap digaungkan oleh para aktivis sosial dari berbagai belahan dunia dan segala bentuk boikot terhadap Israel akan berlanjut hingga negara tersebut memenuhi tuntutan yang telah diajukan.

Sumber  : BDS Movement
Foto dari : BDS Movement

About admin

Check Also

PU-1- Bagaimana Cara Pergi ke Palestina-www.palestineupdate.com(1) (1)

Bagaimana Cara Pergi ke Palestina?

Selain menjadi negeri penuh berkah, Palestina juga menjadi tujuan wisata. palestineupdate.com – Palestina selalu punya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *