WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / 5 Fakta Menyakitkan Musim Dingin di Jalur Gaza

5 Fakta Menyakitkan Musim Dingin di Jalur Gaza

Di balik musim dingin yang terjadi di wilayah pemblokadean Jalur Gaza, terdapat beberapa fakta menyakitkan yang jarang diungkap umum.

Palestineupdate.com – Setiap tahunnya, musim dingin di Gaza tidak pernah jauh berbeda. Tidak ada yang lebih membaik, hanya sesekali dilalui dalam kondisi yang jauh lebih sulit. Dari musim dingin yang terjadi, terdapat beberapa fakta menyakitkan di balik gigihnya orang-orang jahat menutupi kenyataan, inilah 5 fakta musim dingin di Gaza dalam berita Palestina hari ini.

 

Suplai Gas yang Dikurangi

Penjajah Israel secara drastis mengurangi suplai gas ke Jalur Gaza. Lebih dari 20 persen rumah tangga di sana tidak memiliki akses untuk gas, begitu juga dengan banyaknya rumah sakit dan sekolah yang berada dalam situasi yang sama.

palestina hari ini - warga Gaza mengantre untuk gas (2) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Warga Palestina di Rafah, Jalur Gaza, mengantre untuk mengisi tabung gas. Blokade Israel telah mengurangi suplai di wilayah tersebut. (Sumber. The New York Times)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Listrik yang Dibatasi

Di suatu musim dingin tahun 2014, listrik dibatasi dari 8-10 jam menjadi 4-8 jam saja per harinya. Akibatnya, warga tidak mampu menghangat diri di cuaca yang ekstrem, juga menghambat mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan serta kebutuhan dasar lainnya. Terkadang, warga bahkan tidak memiliki kayu bakar untuk membuat api unggun sederhana.

palestina hari ini - Anak-anak Gaza belajar dengan bantuan cahaya lilin (3) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Anak-anak di Gaza terpaksa menggunakan cahaya lilin untuk belajar. Hal ini terjadi karena adanya krisis listrik di wilayah tersebut. (Sumber. Twitter)

Berita Palestina: Perbedaan Sikap Antara Warga Indonesia dan Palestina di Cuaca Dingin

 

Tempat Tinggal yang Tak Lagi Layak Huni

Setelah serangan Israel di musim panas tahun 2014 ke Jalur Gaza, banyak dari bangunan tempat tinggal warga tak lagi utuh. Selain itu di banyak area, hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali rumah yang dibangun ulang. Kondisi ini sangatlah buruk bagi warga ketika musim dingin tiba.

palestina hari ini - musim dingin warga gaza yang dilalui di dalam bangunan tak layak (4) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Satu keluarga di Gaza menghabiskan musim dingin di rumah yang tak layak. (Sumber. Altahrir Nieuws)

 

 

 

 

 

 

 

 

Krisis Keungan yang Mengancam

Sektor keuangan yang juga menjadi salah satu korban terdampak dari adanya blokade Israel, selain menyebabkan tingginya angka kemiskinan juga menyebabkan sektor lain (sektor pangan) mengancam keselamatan warga dengan adanya krisis pangan. Ini sangat mengganggu warga terutama di cuaca yang semestinya seseorang terpenuhi kebutuhan gizinya. Selain itu, lebih dari 80 persen air di Gaza yang sudah tak layak konsumsi, menjadi ancaman lain saat musim dingin tiba.

palestina hari ini - krisis pangan yang terjadi di Jalur Gaza (5) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Krisis pangan yang terjadi di Jalur Gaza. (Sumber. UN News)

 

Ancaman Kematian yang Mengintai

Musim dingin di Gaza, bukanlah musim dingin biasa di mana selama tiga puluh tahun terakhir, Gaza didatangi tamu langganan yakni hujan deras dan banjir. Bencana banjir jelas menjadi penyebab datangnya berbagai macam penyakit. Akan tetapi, sektor kesehatan pun masih dalam kondisi yang tidak prima, terutama setelah membludaknya jumlah pasien dari Aksi Kepulangan Akbar (sejak Maret 2019), yang semakin mencekik kondisi sektor kesehatan Jalur Gaza.

palestina hari ini - banjir yang setiap tahun terjadi di Jalur Gaza (6) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Banjir yang melanda Gaza setiap musim dingin. (Sumber. OCHA)

 

 

 

 

 

 

 

Itulah 5 fakta menyakitkan yang terjadi di Jalur Gaza selama musim dingin. Itu hanya segelintir dari sekelumit kesulitan yang terjadi di wilayah pemblokadean. Hingga hari ini, Gaza masih berada dalam situasi yang sulit di berbagai sektor kehidupan, akibat pemblokadean Israel yang tak kunjung berakhir. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. The Jerusalem Fund, OCHA

About admin

Check Also

Perjalanan Masjid Al-Aqsha Sebagai Pusat Pengajaran Al-Quran

Masjid Al-Aqsha telah menjadi pusat ilmu pengetahuan sejak berabad-abad yang lalu. palestineupdate.com – Selain menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *