WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Al-Aqsha / Tradisi Musim Dingin di Tanah Anbia

Tradisi Musim Dingin di Tanah Anbia

Sejak zaman dulu, Palestina telah mempertahankan suasana musim dingin yang hangat dengan adanya sejumlah kebiasaan dan tradisi.

Palestineupdate.com – Sang Pencipta sangatlah adil; di mana ada kesedihan, di sana pula ada kebahagiaan. Ketika ingat musim dingin di negeri anbia, yang terbayang adalah kesulitan yang dihadapi warga terutama di wilayah pemblokadean. Tapi tahukah kamu, kalau sudah sejak dulu warga Palestina menjaga suasana musim dingin tradisional yang begitu hangat? Bagaimana ceritanya? Simak informasi tentang sejarah bangsa Palestina berikut, ya!

Musim dingin, sebenarnya merupakan musim yang istimewa bagi warga Palestina dan terutama pribumi yang berprofesi sebagai petani. Di musim ini, bisa disebut juga dengan musim penghujan, di mana sektor agrikultur akan sangat terbantu dengan curah hujan yang tinggi.

Karena musim ini, muncul kebiasaan-kebiasaan khusus, makanan-makanan khas, juga peribahasa dan cerita rakyat populer.

Kebiasaan-kebiasaan Khusus

palestina hari ini - musim dingin di gaza (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Seorang peneliti bernama Abdel Salam berbagi cerita bahwa musim dingin memiliki tempat tersendiri di hati warga Palestina. Mereka tertarik pada sejumlah kebiasaan di musim dingin, seperti kegiatan kumpul keluarga di depan perapian atau api unggun yang biasanya dilakukan oleh banyak keluarga, terlepas dari kondisi hidup dan adanya kemudahan alat-alat modern.

Berita Palestina: Perbedaan Sikap Antara Warga Indonesia dan Palestina di Cuaca Dingin

Warga Palestina telah mengikuti kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi tersebut, yang kemudian menghubungkan jiwa mereka dengan musim dingin. Musim ini merupakan masa berkumpul bersama keluarga. Persiapan untuk musim dingin dimulai sejak musim gugur, seperti mengumpulkan kayu bakar dan mengeringkan sisa-sisa zaitun.

Terdapat juga makanan khas musim panas yang dikeringkan dan disiapkan untuk musim dingin, yang akan meningkatkan selera makan mereka.

Makanan-makanan Khusus

Musim dingin salah satunya ditandai dengan banyak  hidangan populer Palestina, yang sangat terkait erat dengan musim tersebut, termasuk Musakhan, di mana hidangan disiapkan setelah masa panen zaitun, ketika minyak zaitun yang baru, digunakan dalam persiapan membuat hidangan. Selain itu, ada juga Maftoul, yang merupakan hidangan unggulan saat musim dingin.

palestina hari ini - maftoul dengan ayam (2) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Maftoul dengan ayam. (Sumber. Google)

Maftoul adalah hidangan musim dingin yang sangat dicari saat cuaca dingin, di mana granula disiapkan dari bulgur (sejenis biji gandum), tepung, dan air. Para wanita yang lebih tua ambil bagian dalam mencampur dan menghancurkannya, dengan meletakkan bulgur dan tepung dalam sebuah mangkok besar, serta memindahkannya secara cepat untuk membuat granula. Granula-granula ini dikukus dalam pot khusus, lalu sup ayam ditambahkan, terutama yang mengandung buncis dan beberapa jenis sayuran.

Bisa dikatakan bahwa terdapat keseimbangan antara adat dan tradisi yang berkaitan dengan musim dingin, yang dikelola oleh generasi Palestina berturut-turut.

Peribahasa dan Cerita Rakyat Populer

Puncak musim dingin (22 Desember hingga 31 Januari setiap tahunnya) ditandai dengan banyaknya peribahasa Palestina, yang menggambarkan tentang musim dingin. Peribahasa diambil dari pengalaman-pengalaman orang tua dan kakek-nenek dalam kehidupan, dalam waktu satu tahun tersebut. Ini dimaksudkan untuk menyampaikan pengalaman orang tua dengan cara populer, berdasarkan penggunaan narasi dan diksi-diksi sederhana, sehingga dapat dijadikan sebagai pelajaran dan diambil manfaatnya. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. The Palestinian Information Center

About admin

Check Also

Perjalanan Masjid Al-Aqsha Sebagai Pusat Pengajaran Al-Quran

Masjid Al-Aqsha telah menjadi pusat ilmu pengetahuan sejak berabad-abad yang lalu. palestineupdate.com – Selain menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *