WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Al-Aqsha / Gegerkan Dunia, Netanyahu Ingin Aneksasi Penuh Tepi Barat

Gegerkan Dunia, Netanyahu Ingin Aneksasi Penuh Tepi Barat

Perdana Menteri (penjajah) Israel, Benjamin Netanyahu, membuat berita menggegerkan dengan berencana menganeksasi seluruh wilayah Tepi Barat apabila terpilih kembali dalam pemilu.

Palestineupdate.com – Sensasi kembali dibuat oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Belum lama ini, dirinya mengumumkan beberapa waktu sebelum waktu pemilihan umum bahwa apabila ia terpilih kembali, akan menganeksasi atau mencaplok seluruh wilayah Tepi Barat. Hal ini kemudian memancing kecaman dari Palestina dan dunia, lalu bagaimana kabar selengkapnya? Simak berita Palestina berikut ini!

Pada Selasa (10/9), Netanyahu mengatakan dalam kampanyenya bahwa apabila dirinya memenangkan kembali pemilu – yang dilangsungkan pada Selasa (17/9) – akan menganeksasi seluruh wilayah Tepi Barat, termasuk wilayah Lembah Yordan dan bagian utara wilayah Laut Mati.

palestina hari ini - benjamin netanyahu ingin caplok tepi barat (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri (Penjajah) Israel. (Sumber. Time Magazine)

 

Netanyahu mengungkapkan, “Ada satu wilayah penuh, yang mana Israel akan menunjukkan kedaulatannya di sana segera setelah pemilu.”

Memang kalau dikatakan secara resmi, Netanyahu (sebelumnya) belum pernah mengungkapkan akan menganeksasi wilayah Tepi Barat secara total. Ini akan sangat buruk. Terlebih, populasi pribumi Palestina di sana bisa dikatakan berjumlah banyak, maka akan banyak orang yang menjadi korban apabila Israel bertindak nekat.

palestina hari ini - peta wilayah tepi barat menurut Aljazeera (3) - www.palestineupdate.com -  Palestine Update
Keterangan foto: Peta wilayah Tepi Barat Area C menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (Sumber. Aljazeera)

 

Tepi Barat sendiri merupakan salah satu wilayah dari Palestina. Akan tetapi, pada tahun 1967 melalui Perang Enam Hari, penjajah merebut wilayah tersebut dari Yordania. Mereka kemudian mengklaim Tepi Barat sebagai bagian dari teritorinya. Perlahan tapi pasti, Israel menganeksasi satu persatu daerah yang ada di sana.

Walau Israel bertindak seenaknya, dunia internasional tetaplah menganggap ilegal tindakan-tindakan tersebut.

Sementara itu, wilayah Lembah Yordan pernah disebut oleh Netanyahu akan diambil alih pada tahun 2014. Akan tetapi, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, rencana tersebut tidak dieksekusi secara agresif. Lembah Yordan merupakan wilayah yang paling luas di Tepi Barat bagian timur. Di Tepi Barat, area dipadati oleh warga Palestina maupun dari keturunan Arab-Israel. Sementara itu, untuk bagian dataran yang agak tinggi, banyak ditinggali oleh pemukim Israel.

Berita Palestina: AS Potong Ratusan Juta untuk Palestina, Netanyahu begitu Berseri-seri

Sebenarnya, secara de facto, Israel disebutkan telah mengontrol Tepi Barat dengan kekuatan militer selama 50 tahun terakhir. Meski begitu, mereka tidak mau mengakui secara resmi terkait adanya aneksasi.

Selain itu, warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat dianggap bukan warga oleh Israel, sementara pemukim Israel dianggap sebagai warga. Pribumi Palestina di sana juga tidak memiliki hak politik, walau tetap bisa memilih untuk pemilihan lokal Palestina. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. VIVA News

About admin

Check Also

berita palestina - pabrik tekstil di jalur gaza - www.palestineupdate.com (1) - www.palestineupdate.com

Gaza Ekspor Masker ke Israel, Ironis tapi Manusiawi

Sekilas memang ironis, ketika melihat mereka harus memproduksi masker untuk penjajah, namun mereka justru sangatlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *