WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Tembok Apartheid Israel Buat Hidup Palestina Merana

Tembok Apartheid Israel Buat Hidup Palestina Merana

Fakta seputar tembok apartheid Israel

palestineupdate.com   – Upaya memecah belah penduduk Palestina telah dilakukan Israel dengan berbagai macam strategi, salah satunya ialah dengan membangun tembok-tembok pembatas yang membelah wilayah Palestina menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dikendalikan Israel. Penasaran, bukan? Simak informasi selengkapnya hanya di Palestina Update, portal berita terkini Palestina.

 

Tembok Apartheid Israel Sebagai Strategi Rasis Pemecah Belah Tanah Palestina

Tembok Apartheid Israel merupakan bagian dari Penghalang Tepi Barat (West Bank Barrier) yang mengitari seluruh wilayah Tepi Barat dan kota-kota yang dijaga ketat oleh prajurit Israel. Pembangunan tembok ini diklaim Israel sebagai upaya keamanan mereka dalam menghadapi serangan teroris, namun kenyataanya tembok ini hanyalah strategi rasis Israel untuk memecah belah wilayah-wilayah Palestina yang ada di Tepi Barat.

Pembangunan Tembok Apartheid Israel telah dilakukan sejak terjadinya Intifada Kedua (Intifada Al-Aqsa) pada bulan September tahun 2000 dan keberadaannya terus dijaga ketat oleh para prajurit Israel hingga kini.

Dengan panjangnya yang membentang hingga 700 km, Israel berhasil mengurung penduduk Palestina dalam kelompok-kelompok kecil dan mengisolasi mereka dari fasilitas umum, sekolah, dan lahan pertanian mereka sendiri. Karena penghalang ini membatasi perjalanan orang Palestina di Tepi Barat dan kemampuan mereka untuk bepergian dari dan ke wilayah pendudukan Israel lainnya.

Tembok Apartheid Israel - 2 - www.palestineupdate.com
(Ket. Tumpukan kawat berduri yang menjadi bagian dari penghalang Tepi Barat
di Persimpangan Giv’at Ze’ev, 5 Km dari barat laut Kota Al-Quds. Dok. Wikimedia)

 

Bahkan Mahkamah Internasional telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa pembangunan Tembok Apartheid Israel adalah sebuah pelanggaran hukum internasional dan menyarankan Israel untuk menghentikan pendirian penghalang tersebut serta melakukan perbaikan atas kerusakanyang telah mereka perbuat.

 

Pendirian Penghalang Tepi Barat hantui kehidupan penduduk Palestina

Penghalang Tepi Barat dibangun oleh Israel dengan menggunakan lahan yang dirampas dari penduduk Palestina atau lahan yang berada di antara wilayah Palestina dan wilayah pendudukan Israel. Namun, mayoritas lahan yang digunakan ialah lahan penduduk Palestina dan berjarak hingga 18 Km dari batas terluar wilayah Tepi Barat.

Melansir penyataan resmi pejabat militer Israel di laman situs Departemen Luar Negeri Palestina, Pendirian Penghalang Tepi Barat diperkirakan menghabiskan dana sebesar 2.1 miliyar US Dollar atau sekitar 31 triliyun rupiah dan setiap kilometernya menghabiskan dana sebesar 2 juta US Dollar atau sekitar 30 miliyar rupiah.

Penghalang Tepi Barat terbagi atas dua macam bangunan berdasarkan jenis pagar yang digunakannya, yaitu:

a. Penghalang dengan sistem pagar berlapis

Sekitar 90–95% dari penghalang dibangun menggunakan sistem pagar berlapis di mana tiga pagar didirikan secara bertumpuk. Dua pagar terluar dilengkapi dengan tumpukan kawat berduri dan satu pagar ditengah dilengkapi dengan perlengkapan deteksi musuh dan jalur patroli prajurit Israel. Area penghalang ini berkisar dari 60 hingga 100 meter dan menyesuaikan dengan kondisi geografis dimana penghalang itu didirikan.

Tembok Apartheid Israel www.palestineupdate.com
(Ket. Penghalang Tepi Barat yang berada di wilayah Hebron. Dok. Wikimedia)

 

b. Penghalang dengan pagar beton.

Sekitar 6% dari penghalang Israel dibangun menggunakan dinding beton dengan tinggi hingga 8 meter, 2 kali lebih tinggi dibandingkan tembok Berlin. Area penghalang ini menggunakan sedikit lahan yang dilengkapi dengan menara pemantau, kawat listrik, camera, sensor pelacak dan perlengkapan patroli prajurit Israel. Konstruksi tembok lebih umum didirikan di lingkungan perkotaan, misalnya, Qalqilyah dan Yerusalem.

Tembok Apartheid Israel - 4 - www.palestineupdate.com
(Ket. Tembok Aperthaid Israel yang memisahkan Yerusalem Timur
dan kota Qalandia di Tepi Barat Palestina. Dok. Aljazeera)

 

Setelah Penghalang Tepi Barat berdiri kokoh menghantui kehidupan penduduk Palestina, Israel membuat gerbang khusus pertanian untuk penduduk Palestina. Namun, gerbang ini tidak serta merta memberikan jaminan bahwa petani akan memiliki akses ke tanah mereka. Justru Israel mempersulit sistem perizinan dan pos pemeriksaan mereka dipenuhi dengan pemukulan, penahanan dan pelecehan terhadap penduduk Palestina.

Secara keseluruhan, Israel telah membuat beberapa jenis gerbang di Penghalang Tepi Barat, yaitu:

  • 34 Pos Pemeriksaan Berbenteng, – 3 terminal utama, 9 terminal komersial, dan 22 terminal untuk mobil dan pekerja yang mengontrol semua pergerakan penduduk Palestina.
  • 44 Terowongan menghubungkan 22 pemukiman kecil di dalam 3 pemukiman utama.
  • 634 Pos pemeriksaan atau penghalang militer lainnya seperti parit, penghalang jalan, dan gerbang logam di bawah kendali Israel.

 

Tembok Apartheid Israel - 5 - www.palestineupdate.com
(Ket. Tembok Apartheid Israel di dekat Yerusalem yang memisahkan
lalu lintas penduduk Israel dan Palestina. Dok. Aljazeera)

 

Pembuatan berbagai gerbang di Penghalang Tepi Barat yang telah Israel lakukan, tidak menghasilkan maanfaat apapun bagi penduduk Palestina. Hal ini dilakukan Israel hanya untuk mengalihkan perhatian Mahkamah Internasional terkait seruannya untuk melakukan pembongkaran Tembok Apartheid Israel dan seluruh Penghalang yang ada di Tepi Barat.

Sumber: Aljazeera, Stop The Wall, MOFA Palestine, Wikipedia, UN News.

About admin

Check Also

UU Senjata Israel - 01 - www.palestineupdate.com

Undang-Undang Persenjataan Israel Hantui Palestina

Fakta seputar UU Senjata Israel yang mengancam keamanan penduduk Palestina. palestineupdate.com – UU Kepemilikan Senjata bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *