WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Tenaga Surya, Solusi Berkelanjutan untuk Krisis Energi di Gaza

Tenaga Surya, Solusi Berkelanjutan untuk Krisis Energi di Gaza

Krisis energi yang terjadi di Jalur Gaza membuat pemudi ini “bereksperimen” dengan tenaga surya, memodifikasi sebuah perangkat yang sudah cukup terkenal, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan warga Gaza.

Palestineupdate.com – Salah satu sektor yang terkena krisis di Jalur Gaza adalah sektor energi. Akibatnya, listrik menyala kurang dari 10 jam setiap hari dan berdampak pada waktu operasi sejumlah infrastruktur publik serta aktivitas warga. Akan tetapi, ibu satu ini kemudian terbantu setelah Majd Mashharawi mengirimkan panel surya untuk membantu kehidupannya. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Simak kabar Palestina hari ini, ya!

Tidak memiliki uang lebih untuk menggunakan taksi atau bus, tidak menghentikan seorang ibu bernama Samar (25) dalam berupaya membawa sang putra ke rumah sakit. Ini perihal nyawa yang harus diselamatkan.

berita palestina - krisis energi di jalur gaza - www.palestineupdate.com (2) - Palestine Update
Keterangan Foto: Krisis energi sedang terjadi di Jalur Gaza. (Sumber. Middle East Eye)

 

Berjalan di bawah terik matahari Gaza atau berhadapan dengan badai adalah hal yang harus ia lakukan.

Karena kondisi paru-paru, putra Samar yang berusia 9 tahun harus menjalani perawatan oksigen setiap hari. Sementara itu, melakukannya di rumah akan berisiko, karena kondisi listrik yang tidak dapat dipercaya terutama terkait hidup dan mati seseorang.

Lalu pada bulan Juni tahun lalu, Majd Mashharawi, seorang pengusaha Palestina di bidang energi, memasang prototipe sistem tenaga surya yang telah dirintisnya – ke rumah Samar.

Berita Palestina: WHO Selesaikan Proyek Jepang Terkait Tenaga Surya di Jalur Gaza

“Sekarang, aku tidak perlu khawatir setiap harinya, apa aku bisa ke rumah sakit atau tidak. Aku tidak perlu berlari tergesa lagi untuk bisa tepat waktu.”

Majd sendiri merupakan CEO dari Sunbox, sistem tiga komponen yang terdiri dari panel surya, generator, dan baterai, yang dipasarkan sebagai solusi berkelanjutan dan terjangkau – untuk menghadapi krisis energi di Jalur Gaza.

“Kami tidak menciptakan teknologi, kami mengadaptasinya sesuai permintaan keluarga. Kami memasang setiap bagian sistem dari manufaktur-manufaktur yang berbeda dan meminta sejumlah modifikasi.”

berita palestina - pemasangan panel surya untuk salah satu keluarga di gaza - www.palestineupdate.com (3) - Palestine Update
Keterangan Foto: Pemasangan panel surya di salah satu rumah warga Gaza. (Sumber. Middle East Eye)

 

Dengan Sunbox yang dipasang, memungkinkan rumah sakit untuk memasang tank oksigen di rumah Samar, membuat Samar leluasa dan tidak perlu berjalan ke rumah sakit lagi untuk perawatan.

Menurut Majd, sistem tersebut adalah mengenai penggunaan sumber daya yang dimiliki Gaza secara melimpah, seperti sinar matahari. Satu bagian penting dari apa yang bisnis lakukan adalah mengedukasi keluarga-keluarga di sana mengenai tenaga surya, serta bagaimana cara menggunakannya dalam setiap perangkat yang mereka sediakan. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Middle East Eye

About admin

Check Also

PU - Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan (2) www.palestineupdate.com

Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan!

3 tokoh besar pejuang Palestina yang menyampaikan semangat perjuangan melalui kutipan yang terkenang hingga sekarang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *